PROSES KERJA MESIN
PROSES DI MESIN
Fungsi mesin (engine) adalah mengatur proses untuk mengubah
energi yang terkandung dalam bahan bakar menjadi tenaga. Semua sepeda motor
menggunakan sistem pembakaran di dalam silinder.
Artinya, pembakaran bahan bakar terjadi di dalam silinder,
dan karena itu, mesin ini dikatakan mesin pembakaran di dalam (internal
combustion engine). Energi yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar,
menyebabkan piston terdorong, bergerak dan memutar poros engkol. Pembakaran
merupakan proses oksidasi cepat bahan bakar disertai dengan produksi panas,
atau energi dan cahaya. Ada tiga faktor pembakaran yaitu temperatur, Oxigen
(udara), dan bahan bakar. Tanpa tiga faktor ini maka pembakaran tidak akan
sempurna.
Syarat terjadinya pembakaran yang baik pada suatu motor
adalah:
1. Adanya tekanan kompresi yang cukup
2. Campuran bahan bakar dan udara cukup
3. Suhu yang cukup tinggi untuk pembakaran.
Sebagai ilustrasi dari proses pembakaran yang menghasilkan
tenaga dalam mesin adalah, jika bahan bakar yang ada di dalam panci diberi api,
bahan bakar tersebut akan terbakar, tetapi tidak meledak tapi jika bahan bakar
itu terbakar di dalam tabung yang tertutup gas pembakaran ia akan berekspansi
dan menekan tutup tabung, maka ia disini menghasilkan tenaga.
Pembakaran memerlukan waktu untuk kelangsungannya, dan oleh
karena itu pembakaran dimulai sebelum TMA dengan “mempercepat pengapian”.
Mesin motor merupakan sumber berlangsungnya pembentukan
energi bagi kendaraan. Dengan energi yang dihasilkan, memungkinkan kendaraan
dapat bergerak. Untuk dapat bekerja dengan baik, mesin memiliki konstruksi yang
utuh dan solid sehingga memungkinkan terjadinya suatu proses pembakaran yang
menghasilkan tenaga:
1. Mengisi ruang bakar dengan campuran udara bahan bakar yang
mudah terbakar
2. Menekan campuran tersebut sampai pada volume dan tekanan
tertentu
3. Membakar (ignite) campuran, sehingga mengembang
danmenghasilkan tenaga
4. Membuang gas yang telah terbakar dari dalam silinder
Secara umum urutan diatas dinyatakan dengan istilah:
1. Langkah isap (suction)
2. Langkah kompressi (compressi)
3. Langkah usaha (power)
4. Langkah buang (exhaust)
Untuk menghasilkan tenaga yang terus-menerus, maka mesin
harus mengulangi urutan ini berulang-ulang. Satu rangkaian proses yang lengkap
disebut siklus. Kebanyakan mesin atau motor dari sepeda motor bekerja
berdasarkan salah satu dari 2 jenis siklus yaitu:
1. Siklus dua langkah
2. Siklus empat langkah
0 Comments