CARA KERJA MESIN 2 LANGKAH

CARA KERJA MESIN 2 LANGKAH



Cara Kerja Mesin Dua Langkah

Kara kerja mesin dua langkah pada sepeda motor hanya menggunakan 1 kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan 1 siklus kerja mesin didalam ruang bakar.

Proses ini dilakukan dalam satu langkah dengan cara membuka dan menutup katup atau saluran masuk bahan bakar dan gas sisa pembakaran dengan satu siklus kerja atau gerak piston sehingga:
  • disaat piston naik ruang masuk bahan bakar terbuka dan ruang pembuangan gas sisa pembakaran tertutup sedangkan
  • disaat piston turun ruang keluar gas sisa pembakaran terbuka dan gas keluar dari ruang pembakaran dan ruang masuk bahan bakar tertutup dan seturusnya sehingga tidak perluh menggunakan katup untuk mendukung proses kerjannya.




Pada langkah campuran udara-bahan bakar yang dikompresi dilakuakn sebanyak dua kali setiap putaran diantarannya.
  • Kompresi pertama. Campuran ditarik kedalam crankcase dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran.
  • Kompresi kedu. Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer.


Nah untuk itu sepeda motor 2 tak disebut juga dengan montor yang memiliki 2 langkah kerja. Dalam proses tersebut sepeda montor 2 tak memiliki kelemahan dalam segi proses kerjannya diantaranya:
  • Boros bensin. Kenapa karena proses kernyanya yang membutuhkan proses bilas, sehinnga banyak bensin yang dibutuhkan untuk membilas ruang bakar tersebut, tak heran baknya bensin yang terbuang dan mengesankan boros untuk mesin 2 langkah.

Post a Comment

0 Comments

PROSES KERJA MESIN